Senin, 17 April 2017

Bayi dan Balita: Tips Menjaga dan Merawat Kulit

Standard
Bayi dan Balita: Tips Menjaga dan Merawat Kulit - Seperti yang semua kita tahu, bayi dan balita merupakan fase yang menyenangkan dari seorang manusia. Pada masa itu, kita melihat betapa lucunya bidadari kecil kita. Namun, seoerti yang kita sadari, makhluk kecil ini sangat sensitif terhadapat sebuah metode perawatan. Jika kita merawatnya secara aman dan nyaman, maka mereka akan begitu ceria. Namun, jika perawatan yang kita berikan tidak memberikan kenyamanan, maka sebaliknya, mereka akan merasa mudah untuk tidak nyaman akan kondisi badan mereka.

Bayi dan Balita: Tips Menjaga dan Merawat Kulit
Bayi dan Balita: Tips Menjaga dan Merawat Kulit

Bayi dan Balita

Salah satu hal yang sangat sensitif dari balita maupun bayi adalah kulit. Seperti yang kita tahu, balita dan bayi mempunyai gerak yang terbatas, sehingga bagian lipatan kulit akan mudah terserang rasa gatal maupun lecet karena keringat. Selain itu, penggunaan popok juga bisa mengakibatkan iritasi. Jika kita tidak mengganti popok secara teratur, kita bisa membuat bayi merasakan biang keringat di sekitar pantat. Jadi, jika anda merupakan seorang ibu yang perhatian, diharapkan anda  melakukan perawatan yang terbaik untuk para bayi dan balita anda.

Bayi dan Balita, Ini Tips Menjaga dan Merawat Kulitnya

Tips bisa dimulai dari hal yang paling mendasar. Bayi maupun balita hasrus dibiasakan mandi 3 kali sehari secara teratur. Hal ini membantu anda untuk menghindarkan biang keringat pada anak anda. Selain itu, setelah bayi anda mandi, biasakan untuk mengeringkna tubuhnya menggunakan handuk kering. 

Pastikan bagian yang tertutup dan terlipat benar benar dihanduki secara kering untuk menghindari timbulnya rasa gatal karena kelembaban yang berlebih. Selain itu, jangan gunakan pakaian yang terlalu ketat untuk bayi anda. Hal ini akan memicu timbulnya keringat. 

Satu lagi, pakaikan pakaian yang lembut yang terbuat dari bahan yang nyaman,seperti katun. Jika bayi atau balita anda berkeringat, jangan lupa untuk menyeka keringat dengan lap kering dan menaburkan bedak bayi secra tipis.

Bayi dan Balita Anda Sering Iritasi?

Jika bayi anda menggunakan popok, jangan lupa mengoleskan ruam popok untuk menghindari iritasi pada kulit yang terkena popok. Diaper yang sudah lama dipakai seharusnya diganti dengan yang baru. Penggantian secara teratur harus dilakukan untuk menghindari timbulnya jamur. Mandikan putra putri anda menggunakan air hangat jika anda mungkin untuk melakukannya.

NB : Segala informasi yang ada di artikel ini bukan dimaksudkan sebagai pengganti saran dari para ahli kesehatan, tetapi hanya sebagai pelengkap atau tambahan informasi saja.

Baca Juga: Tips Mencegah Gigi Berlubang

0 komentar:

Posting Komentar